Guru ekonomi yang reaktif, yang bagaimana sih...?
Oleh: Euis Winarni, SE
Mata pelajaran ekonomi di sekolah bertujuan sebagai berikut:
1. Membekali siswa tentang konsep ekonomi untuk mengetahui dan mengerti peristiwa dan masalah ekonomi dalam kehidupan sehari-hari, terutama hal-hal yang terjadi di lingkungan individu/rumah tangga, desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, nasional, regional, dan internasional.
2. Membekali siswa tentang konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi pada jenjang selanjutnya.
3. Membekali nila-nilai serta etika ekonomi/bisnis dan memiliki jiwa wirausaha.
Motivasi akan dapat tercipta kalau guru dapat meyakinkan siswa akan kegunaan materi pelajaran bagi kehidupan nyata. Guru juga harus dapat menciptakan situasi sehingga materi pelajaran selalu menarik, tidak membosankan. Guru harus punya sensitivitas yang tinggi untuk segera mengetahui apakah kegiatan pembelajaran sudah membosankan siswa atau tidak kemudian mencari cara untuk menanggulanginya.
a. Menjadikan siswa sebagai pusat kegiatan belajar.
b. Pembelajaran dimulai dengan hal-hal yang sudah diketahui dan dipahami siswa.
c. Selalu berupaya membangkitkan motivasi belajar siswa dengan membuat materi pelajaran sebagi sesuatu hal yang menarik dan berguna bagi kehidupan siswa.
d. Segera mengenali materi pembelajaran yang membuat siswa bosan, dan segera menanggulanginya.
Sumber:
Dasim Budimansyah. 2003. Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Ekonomi. Bandung: PT. Ganesindo
Dian Sukmara. 2007. Implementasi Life Skill dalam KTSP. Bandung: Mughni Sejahtera
Komentar
Posting Komentar